Kamis, 24 April 2014

The Grand Prismatic Spring, Kolam Pelangi Yang Menakjubkan

Salam Timura!!
Anyeoooong :D
Happy Reading, Mariners :)

The Grand Prismatic Spring, seperti sebuah kolam air dalam cerita-cerita dongeng karena jika dilihat dari atas permukaan kolam ini terlihat begitu menakjubkan dengan airnya yang memiliki beragam warna layaknya sebuah pelangi. Kolam pelangi yang cantik ini terletak di Wyoming, Amerika Serikat.




Kolam ini merupakan bagian dari Yellowstone National Park, Wyoming. Letaknya tepat di bagian Midway Geyser Basin, salah satu lembah sungai berisi air panas di Yellowstone National Park.



Grand Prismatic Spring memiliki luas yang berkisar antara 250 sampai 300 kaki. Kedalamannya mencapai 160 kaki. Setiap tahun sumber air panas tersebut akan melepaskan setidaknya 560 galon air panas bersuhu 160 derajat Fahrenheit setiap menit. Air di sana mendidih setiap waktu karena panas yang bersumber dari ventilasi bawah tanah yang merupakan bagian dari saluran vulkanik Yellowstone.



Sumber air panas ini pertama kali ditemukan oleh para penjelajah Eropa pada tahun 1839. The Grand Prismatic Spring merupakan sumber air panas terbesar di Amerika Serikat dan terbesar ketiga di dunia setelah Frying Pan Lake di Selandia Baru dan Boiling Lake di Dominika.



Bagian tengahnya berwarna biru cerah, tampak seperti laut dalam. Bagian luarnya berwarna hijau dan kuning. Sementara sisi terluar berwarna merah seperti cairan lava gunung berapi.



Warna merah tersebut berasal dari bakteri tertentu yang tubuhnya mengeluarkan pigmen berwarna merah. Saat musim panas, lapisan luar danau akan cenderung berwarna oranye atau merah. Sementara saat musim dingin warnanya akan berubah menjadi hijau gelap.



Sedangkan, warna birunya bisa terjadi karena bagian tengah air danau yang sangat jernih dan dalam, sehingga mampu menyerap dan memantulkan warna biru dari spektrum warna di atmosfer.

#Timura_MarineScienceUB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar