Kamis, 10 April 2014

Kenalan dulu Yuk? :)


TIMURA

Tinta Samudra atau disingkat TIMURA pada dasarnya adalah sebuah mediasi untuk mempererat ikatan keluarga anak Ilmu Kelautan. TIMURA sendiri merupakan gagasan terbaru anak Ilmu Kelautan 2013 agar mahasiswa IK 2013 serta maba IK setelahnya dapat mengenal lebih dekat semua yang ada di Ilmu Kelautan Brawijaya. Selain itu, TIMURA juga diharapkan dapat berfungsi untuk menampung aspirasi mahasiswa IK.

DASAR IDE DIBENTUKNYA TIMURA

TIMURA dibentuk atas dasar minimnya minat mahasiswa IK dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh fakultas. Belajar dari kegiatan KRIMA (Krida Mahasiswa), sedikit sekali mahasiswa IK yang berpartisipasi, meskipun memang dari prodi yang lain pun banyak yang tidak ikut berpartisipasi juga. Kami melihat bahwa salah satu faktor minimnya mahasiswa IK atau bahkan prodi lain dalam mengikuti kegiatan kemahasiswaan tersebut dikarenakan kurang gencarnya pemberitaan media, contohnya banyak kesimpang siuran jarkom, serta kurang digubrisnya hasil dokumentasi kegiatan-kegiatan. Padahal jika suatu hasil kegiatan dituangkan dalam sebuah tulisan, dan hasil dokumentasinya dipublikasikan, setidaknya para mahasiswa yang tidak pernah berpartisipasi dalam sebuah kegiatan dapat melihat sendiri bagaimana kegiatan itu berlangsung, sehingga akan timbul daya tarik bagi mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

KINERJA TIMURA

TIMURA dalam masa awal pembentukannya, berfokus pada tiga garapan rubrik dengan memanfaatkan website cuma-cuma (blogspot). Tiga rubrik besar yang menjadi  fokusan TIMURA adalah:
1.      Marine Banget     : Berisi mengenai informasi-informasi terbaru seputar dunia kelautan.
2.      Event Kita             : Berisi kabar dan wacana berita mengenai acara-acara yang diselenggarakan    di FPIK, terutama yang berkaitan dengan IK sendiri.
3.      Dekat dengan IK  : Berisi informasi mengenai Ilmu Kelautan Brawijaya, mulai dari informasi akademik, mawapres IK, dan informasi mengenai prestasi membangggakan yang diraih oleh mahasiswa IK.

Informasi yang dikeluarkan oleh TIMURA dapat berupa tulisan surat pembaca, wacana, bahkan essay. Oleh karena itu, orang yang ingin bergabung diutamakan kepada mereka yang berbakat dan gemar dalam menulis. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa TIMURA sendiri terbuka bagi semua kalangan, baik itu yang pandai menulis ataupun tidak. Karena pada dasarnya, TIMURA berfungsi sebagai media penyambung aspirasi keluarga IK.

Selain memanfaatkan media blog, TIMURA juga memanfaatkan media sosial seperti Twitter. Akun Twitter untuk TIMURA sendiri beralamat di @tumpahan_timura. Akun twitter tersebut berguna untuk menggencarkan info-info yang telah di update di blog TIMURA. Dalam seminggu sekali, akun ini akan mengadakan kultweet mengenai informasi tentang Ilmu Kelautan. Selain itu, akun twitter TIMURA juga dapat berfungsi untuk menampung aspirasi langsung mahasiswa Ilmu Kelautan dengan cara mengirimkan Direct Message atau Mention.

FEEDBACK TIMURA UNTUK MAHASISWA IK

Dibentuknya TIMURA dengan banyaknya mahasiswa IK yang bergabung didalamnya, maka diharapkan dapat memberikan manfaat bagi IK sendiri, diantaranya:
-         -  Mengembangkan bakat menulis bagi mahasiswa IK.
-         -  Mediasi untuk menampung aspirasi mahasiswa IK yang belum tersalurkan.
-         - Menguatkan ikatan keluarga IK, termasuk sebagai langkah awal untuk menjalin ikatan dengan calon IK 2014 nanti.
-          - Memperkuat ruh persaudaraan mahasiswa IK dalam media sosial.
-          - Sumber penambah wawasan mahasiswa IK dalam bidang ilmu kelautan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar