Senin, 14 April 2014

Inilah Ilmu Kelautan :)


Selamat datang di keluarga IK :)

Yup, seperti kata pepatah bilang, tak kenal maka ta’aruf. Maka dari itu, mari kita kenalan dengan keluarga IK.

Ilmu kelautan UB sebenarnya merupakan program studi dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang bisa dibilang masih muda. Ya, Ilmu Kelautan ini memang baru terbentuk sekitar tahun 2008. Meski umurnya baru muda, tetapi torehan prestasinya jangan ditanya. Tidak dapat dihitung dengan jari. Ilmu kelautan merupakan salah satu prodi dari jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK), yang artinya IK masih satu himpunan dengan prodi PSP (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan). Meski masih satu jurusan, namun IK dan PSP memiliki keunikan masing-masing.

Program studi ilmu kelautan ini sangat unik, karena IK beda dengan prodi yang lainnya. Jika prodi lain hanya konsen ke pemanfaatan sumberdaya perairan, atau ikan, justru Ilmu Kelautan lebih konsen kepada pemafaatan sumberdaya laut secara keseluruhan. Oleh karena itu, dalam Ilmu Kelautan terbagi kembali menjadi 3 peminatan. Diantaranya Oceanografi, Eksplorasi, dan Konservasi. 

Mungkin diawal tahun pertama kuliah, para maba banyak yang bingung, kuliah di IK, nanti kerja dimana? Eitss.. kagak usah khawatir, banyak sekali lapangan kerja yang menerima lulusan Ilmu Kelautan, diantaranya Perusahaan pertambangan offshore, Dinas Kelautan dan Perikanan, Perusahaan Ikan, Dosen, Ilmuwan, LAPAN, Bakosurtanal, LIPI, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar