Rabu, 23 April 2014

Pusaran Air Laut yang Terkenal SeJAGAD (Bagian 5)

Salam Timura!!
Pusaran yang satu ini namanya lucu banget sob. mau tau apa namanya?? NARUTO!! Iya Naruto!! Kayak komik Jepang aja, hahaha kreativ amat. Kenapa nggak di namain nama pahlawan Jepang aja ya?? Mungkin Naruto sudah menjadi pahlawan di Jepang kali ya ?? -_-
Naruto
Selat yang memisahkan Naruto dan Awaji lebarnya kurang dari satu mil. Selat Naruto terletak dalam saluran yang sangat sempit dekat Hyogo.
Tingginya air pasang dari Samudera Pasifik datang ke Selat Kii dan melewati Osaka Bay dan Selat Akashi karena Selat Naruto terlalu sempit. Dibutuhkan sekitar 5 jam untuk mencapai Harimanada di mana air pasang memenuhi pasang lain yang berasal dari Selat Bungo ke laut pedalaman. Ketika air pasang sampai di Harimanada, sisi Samudera Pasifik mulai surut 6 jam kemudian. Pada titik ini, Selat naruto menerima perbedaan muka air hingga 1,5 meter, dan hal ini menciptakan pusaran air. Perbedaan kecepatan antara aliran tengah yang cepat dan aliran sisi yang lambat menyebabkan pusaran air.
Selain itu, dasar laut di bawah Jembatan Ohnaruto memiliki bentuk V curam, dengan bagian terdalam sekitar 90m di bawah dasar laut yang umum. Juga, garis 140 meter dibawah permukaan laut berjalan ke sisi selatan Selat dan garis 200 meter dibawah permukaan laut berjalan ke utara dari Selat. Ciri-ciri geografis dari selat Naruto dan aliran air laut yang disebabkan oleh perubahan arus menciptakan pusaran air Naruto.
Whirlpool selat Naruto diameternya bisa mencapai hingga 20m diameter. Selain itu, selama pasang musim semi, kecepatan arus bisa mencapai 20km per jam, membuat naruto adalah whirlpool tercepat keempat di dunia, dan menyebabkan suara menderu yang besar. Dikatakan bahwa nama Naruto, yang berarti "Resounding Seto" dalam bahasa Jepang, diberikan kepadanya karena suara ini. Wisatawan maupun penduduk setempat menyaksikan pasang dan arus pusaran air raksasa dari kapal atau dari atas di Jembatan Naruto.

#Timura_MarineScienceUB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar