Rabu, 23 April 2014

Pusaran Air Laut yang Terkenal SeJAGAD (Bagian 9 End)

Salam Timura!!!
Pusaran yang ini yang paling kece :3
Happy Reading, Mariner!!

9. Pusaran Air saat Tsunami Jepang 2011

Banyak yang terpesona oleh pusaran air raksasa yg terjadi saat sunami di jepang tahun 2011 lalu. Dan dibawah ini adalah penjelasan yg menarik mengenai bagaimana pusaran air raksasa itu terbentuk
Tembok air tsunami yang muncul akan mengikuti pola dari rupture atau pola dari patahan yang terpatahkan. Retakan atau rekahan ini menyebabkan air tersembul keatas, dan membuat tembok air tsunami. Menurut perkiraan visual dari ketinggian, tembok air ini mencapai 30 meter. Dan hingga lebih dari 10 meter ketika mencapai daratan, sampai menyapu segalanya yang dilewati. Termasuk rumah, bangunan, kendaraan, dan tentu saja manusia yang tidak sempat mengevakuasi dirinya. Innalilahi wainnailaihi rojium !
Ketika mencapai pantai terjadi perubahan bentuk dari tembok air ini karena morfologi dasar air dan morfologi garis pantai.

Bentuk garis pantai timur Jepang yang dapat mempengaruhi bentuk tembok air dan membuat pusaran air.
Ketika mendekati pantai kecepatan air yang tidak terganggu akan terus melaju, tetapi yang terganggu garis pantai akan berbelok. Belokan inilah yang akhirnya menyebabkan terbentuknya pusaran air.
Perhatikan bentuk dan pola garis pantai timur Jepang yang berkelok-kelok. Tentu saja terbentuknya pusaran ini akan sangat mungkin terjadi. Gambar yang pertama menunjukkan salah satu pusaran yang terlihat dari helikopter pengamat.
Untuk memberikan gambaran tentang seberapa besar pusaran air ini, lihatlah gambar pertama. Bandingkan dengan besarnya kapal yang terlihat. Tidak diketahui apakah kapal itu ada penumpangnya atau tidak.

Okee, pembahasan tentang pusaran air yang terkenal kita sudahi dulu ya, sobat!!
Next time, timura bakalan ngasih tau tentang misteri yang lebih menyeramkan lagi!! :D
Tetep KEPOin Timura ya gaayyyyss!!

#Timura_MarineScienceUB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar